Subhan Lalui Hari Pertama di 4 Besar

Posted: August 25, 2012 in Rally, Reli Jerman
Tags: , , , , , , , ,

Subhan Aksa

 

Trier/Jerman – Serial Production World Rally Championship (PWRC) di ajang Rally Jerman sepertinya lebih menarik dari ‘kakak kelasnya’, World Rally Championship (WRC). Sejumlah pereli internasional masih saling gempur di jalur juara PWRC 2012. Beda dengan WRC yang masih saja didominasi tim Citroen WRC dengan sang juara dunia 8 kali, Sebastien Loeb.

Indikasi itu terlihat dari porsi liputan pada dua kelas itu. Para punggawa PWRC lebih banyak disorot dan dinterview media, termasuk di antaranya Subhan Aksa yang mewakili Indonesia. Sejak SS1, pereli Bosowa Rally Team itu rutin dimintai komentar setiap setelah finish SS oleh beberapa media termasuk wrc.com yang melakukan reportase menyeluruh.

“Sejauh ini aman-aman saja. Kami puas dengan posisi sementara meski punya problem rem dan power steering di awal, bahkan juga ada indikasi kerusakan pada turbo di SS6 sehingga melambat pada 5 km terakhir sebelum finish. Itu pengalaman dan pelajaran mengesankan buat kami karena pertama turun di lintasan aspal,” tutur Subhan usai menjalani Leg I sepanjang Jumat (24/8).

Ia sempat dipuji peserta lain karena kejelian memilih hard tyre (ban berkompon keras) yang cocok dengan kondisi lintasan kering sementara para rivalnya memilih tipe ban lembut. “Kemarin prediksi cuaca kemungkinan besar hujan. Namun, pagi sebelum start kami putuskan pakai hard tyre dengan perkiraan hujannya tak akan lama. Ternyata benar dan bahkan tidak turun hujan sama sekali,” tambahnya.

Subhan belum menggeber 100% pacuannya guna menghindari resiko di hari pertama, namun di beberapa kesempatan ia mampu memacu Mitsubishi Evo X itu sampai diatas 150 km/jam. Hasilnya, ia mampu melewati hari itu di urutan 4 overall sementara PWRC setelah menjalani 6 SS.

“Alhamdulillah target 5 Besar terpenuhi sejauh ini, bahkan setingkat lebih baik. Besok (Sabtu, 25/8) kita coba pertahankan posisi itu sembari lihat kesempatan untuk meningkat ke 3 Besar,” katanya.

Pertarungan di level PWRC memang ketat. Michal Kosciuszko (Polandia) yang memimpin lomba hingga paruh pertama di SS3 akhirnya menutup hari pertama dengan pelimpahan posisi pemimpin kepada Benito Guerra (Meksiko) seusai SS6 di daerah Graftschaft2. Guerra yang juga memimpin klasemen sementara kejuaraan dunia kini berbalik unggul 13,8 detik atas Kosciuszko.

“Lagi-lagi terkendala rem yang overheating,” ujar Kosciuszko memberi alasan kekalahannya di SS6.

nice hairpin

Subhan sendiri konsisten finis di urutan 4 di SS-SS terakhir bahkan pada SS 5 Subhan Aksa sempat menyodok finish ke-3 . Pada hasil akhir, ia bertahan di peringkat 4 dengan selisih waktu hanya 1 menit 12 detik dari Marcos Ligato (Argentina) yang menempati posisi ketiga dan terpaut cukup jauh dengan posisi kelima R Trivino dengan 2 menit 25 detik.

– selesai –

Sekilas PWRC

Dulu kelas ini dikenal sebagai Grup N. PWRC dirilis FIA (Federation Internationale de l’Autombile/Federasi Otomotif Internasional) pada 2002 dengan sedikit perubahan regulasi. Mobil yang digunakan adalah produksi massal dengan modifikasi tertentu yang dibolehkan, misalnya penggunaan turbo dan sistem penggerak 4 roda (4 wheel drive).

PWRC merupakan salah satu kelas pendukung WRC, dilombakan bersamaan dengan event WRC dan menggunakan lintasan yang sama. Kompetisi ini dikelola dan di bawah sanksi FIA. Karenanya peserta yang berhak memburu gelar juara dunia adalah mereka yang terdaftar sebagai permanent entry FIA dengan keharusan mengikuti sejumlah seri yang ditetapkan, seperti musim 2012 ini di mana peserta wajib mengikuti minimal 6 dari 8 seri yang terjadwal.

Tahun ini terdaftar 12 peserta tetap PWRC. Dua seri terdahulu, Rally Monaco dan Mexico, hanya diikuti 3 dan 5 pereli PWRC terdaftar. Karena itu enam seri tersisa bakal menyuguhkan persaingan yang amat terbuka.

Seperti halnya GP2 di ajang balap F1, PWRC adalah gerbang terdekat ke WRC sebagai level tertinggi kejuaraan reli dunia. Nasser Al-Attiyah, contohnya, telah memperkuat tim pabrik Citroen di WRC.

Kelas pendukung lainnya adalah  SWRC (Super 2000 World Rally Championship) dan WRC Academy yang bertarung dalam satu merek (Ford Fiesta).

SEKILAS BOSOWA

Bosowa Group dirintis dan didirikan oleh tokoh dan pengusaha nasional HM Aksa Mahmud di Makssar, Sulawesi Selatan, 22 Februari 1973, dengan nama CV Moneter. Dengan prinsip dan kerja keras khas masyarakat Bugis, perusahaan yang tadinya bergerak di sektor perdagangan otomotif ini terus membesar dan berkembang secara nasional. Bosowa Group kini merambah dan eksis di berbagai sektor industri dan jasa.

Di sektor otomotif, Bosowa Group tak hanya eksis dengan hak pemasaran berbagai merek mobil di kawasan timur Indonesia. Perusahaan ini juga menunjukkan kepedulian yang besar terhadap olahraga bermotor Indonesia, khususnya reli mobil. Selain rutin menggelar kejuaraan sebagai ajang pembinaan atlet muda, Bosowa pun mendukung sepenuhnya kiprah pereli nasional Subhan Aksa di kejuaraan dunia FIA 2012 Production World Rally Championship (PWRC) sebagai ajang penghubung juara nasional 2009 dan 2010 itu ke WRC yang merupakan level tertinggi reli dunia.

Semen menjadi primadona grup perusahaan ini dengan produk dan merek terkenalnya, Semen Bosowa. Diawali dengan pendirian pabrik PT Semen Bosowa di Maros, Sulsel, pada 1999 dan kemudian berkembang cepat dan menguasai pasar Indonesia Timur.

Sukses di timur, Bosowa masuk pasar Indonesia Barat dengan mendirikan PT Semen Bosowa Batam di Batam, Kepulauan Riau. Dan, terbaru, pada awal Mei 2012 baru lalu, sudah dimulai pembangunan pabrik PT Semen Bosowa Banyuwangi di Banyuwangi, Jawa Timur, dengan kapasitas produksi 1,2 juta ton semen per tahun.

Dengan tiga pabrik itu, Bosowa akan menyuplai sekitar 10% dari total kebutuhan Indonesia yang jumlahnya 45 juta ton pertahun.

PT Semen Bosowa adalah perusahaan swasta nasional yang sepenuhnya dimiliki putra bangsa sendiri.

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi:

Feldani Effendy (DeNi)

Deniscomm, Motorsports Public Relations Consultant

HP: +62816 1305658

Email: feldani@deniscomm.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s