Banyak Korban, Subhan di 5 Besar Setelah SS 3

Posted: August 25, 2012 in Rally, Reli Jerman
Tags: , , , , , , ,

 

Subhan Aksa

Trier/Jerman – Ganasnya putaran ke-9 serial World Rally Championship (WRC) 2012 di Rally Jerman langsung terasa di dua Special Stage (SS) awal.  Trek tarmac SS1 di Mittelmosel1 maupun SS2 di Mosselland1 ternyata sangat menyiksa kerja rem. Banyaknya tikungan tajam dalam bentuk persimpangan membuat kerja ban dan rem sangat berat.

Akibatnya, belasan mobil langsung alami rem panas (overheating). Sejumlah pereli, baik di kelas WRC maupun Production WRC (PWRC), sempat tersendat di dua SS hanya karena masalah rem. Termasuk Subhan Aksa yang menjadi kontestan regular di ajang kejuaraan dunia PWRC. Dua pereli papan atas PWRC, Benito Guerra (Meksiko) dan Valeriy Gorban (Ukraina) pun alami hal sama. Parahnya, Gorban justru terhenti di SS2 setelah remnya jebol akibat terlampau panas. Pereli PWRC lainnya yang terhenti di tengah jalan adalah Romano Karlsson (Swedia).

Hal sama sebenarnya dialami Subhan dengan Mitsubishi Evo X-nya. “Kinerja rem benar-benar disiksa di dua SS awal. Kami sudah alami sejak SS1. Sadar akan resikonya, kami mulai membatasi kerja rem pada SS2 dengan lebih mengandalkan engine brake. Itu lumayan menolong. Menurut perkiraan tim teknis, panasnya rem sudah mencapai 500 derajat celcius,” ujar punggawa Bosowa Rally Team itu. Tim akan menggantikan pompa power steering-nya untuk tetap bisa mempertahankan laju mobil Subhan Aksa.

Crossing Vineyard

Subhan mengaku bersyukur terhindar dari akibat lebih serius sepeti dialami pereli lain. Di SS 1 ia finis urutan 5 dan berikutnya di urutan 4. Di hasil keseluruhan sementara PWRC setelah 3 SS awal, ia bercokol di urutan 5 di bawah Michal Kosciuszcko (Polandia), Benito Guerra (Meksiko), Marcos Ligato (Argentina), dan Nicholas Fuchs (Peru). Ia defisit waktu 1 menit 28,5 detik dari Kosciuszcko.

“Handling mobil sudah mulai terasa nyaman meski ini pengalaman pertama di lintasan aspal. Semoga posisi 5 Besar bisa kami jaga di rute selanjutnya,” harap Subhan yang dalam klasemen kejuaraan dunia PWRC saat ini menempati peringkat 3 di bawah Guerra dan Gorban.

Beberapa pemacu mobil-mobil WRC sama saja, berkutat dengan masalah rem sepanjang dua SS itu. Akibat parah dialami Matt Ottsberg (Ford Fiesta) yang banyak kehilangan waktu di SS2. Namun, yang paling parah dari semuanya menimpa pereli kebanggaan Ceko, Martin Prokop. Pacuan Ford Fiesta RS-nya terbakar di SS3 dengan posisi menghalangi jalan.

Stunning backdrop

Proses evakuasi mobil ini membuat lomba di SS tersebut ditunda dan akhirnya dibatalkan panitia. Waktu untuk kelompok PWRC diberikan masing-masing 13 menit 06,6 detik sampai urutan keenam. Artinya, meski tak masuk SS3, mereka dapatkan catatan waktu resmi.

Sebenarnya Protop sudah terkendala rem sejak SS1, namun tetap memaksakan mobil melaju dalam batas maksimal. Rem yang sudah terlalu panas itu akhirnya memercikkan api yang langsung membesar. Untung ia dan navigatornya selamat.

– selesai –

Sekilas PWRC

Dulu kelas ini dikenal sebagai Grup N. PWRC dirilis FIA (Federation Internationale de l’Autombile/Federasi Otomotif Internasional) pada 2002 dengan sedikit perubahan regulasi. Mobil yang digunakan adalah produksi massal dengan modifikasi tertentu yang dibolehkan, misalnya penggunaan turbo dan sistem penggerak 4 roda (4 wheel drive).

PWRC merupakan salah satu kelas pendukung WRC, dilombakan bersamaan dengan event WRC dan menggunakan lintasan yang sama. Kompetisi ini dikelola dan di bawah sanksi FIA. Karenanya peserta yang berhak memburu gelar juara dunia adalah mereka yang terdaftar sebagai permanent entry FIA dengan keharusan mengikuti sejumlah seri yang ditetapkan, seperti musim 2012 ini di mana peserta wajib mengikuti minimal 6 dari 8 seri yang terjadwal.

Tahun ini terdaftar 12 peserta tetap PWRC. Dua seri terdahulu, Rally Monaco dan Mexico, hanya diikuti 3 dan 5 pereli PWRC terdaftar. Karena itu enam seri tersisa bakal menyuguhkan persaingan yang amat terbuka.

Seperti halnya GP2 di ajang balap F1, PWRC adalah gerbang terdekat ke WRC sebagai level tertinggi kejuaraan reli dunia. Nasser Al-Attiyah, contohnya, telah memperkuat tim pabrik Citroen di WRC.

Kelas pendukung lainnya adalah  SWRC (Super 2000 World Rally Championship) dan WRC Academy yang bertarung dalam satu merek (Ford Fiesta).

SEKILAS BOSOWA

Bosowa Group dirintis dan didirikan oleh tokoh dan pengusaha nasional HM Aksa Mahmud di Makssar, Sulawesi Selatan, 22 Februari 1973, dengan nama CV Moneter. Dengan prinsip dan kerja keras khas masyarakat Bugis, perusahaan yang tadinya bergerak di sektor perdagangan otomotif ini terus membesar dan berkembang secara nasional. Bosowa Group kini merambah dan eksis di berbagai sektor industri dan jasa.

Di sektor otomotif, Bosowa Group tak hanya eksis dengan hak pemasaran berbagai merek mobil di kawasan timur Indonesia. Perusahaan ini juga menunjukkan kepedulian yang besar terhadap olahraga bermotor Indonesia, khususnya reli mobil. Selain rutin menggelar kejuaraan sebagai ajang pembinaan atlet muda, Bosowa pun mendukung sepenuhnya kiprah pereli nasional Subhan Aksa di kejuaraan dunia FIA 2012 Production World Rally Championship (PWRC) sebagai ajang penghubung juara nasional 2009 dan 2010 itu ke WRC yang merupakan level tertinggi reli dunia.

Semen menjadi primadona grup perusahaan ini dengan produk dan merek terkenalnya, Semen Bosowa. Diawali dengan pendirian pabrik PT Semen Bosowa di Maros, Sulsel, pada 1999 dan kemudian berkembang cepat dan menguasai pasar Indonesia Timur.

Sukses di timur, Bosowa masuk pasar Indonesia Barat dengan mendirikan PT Semen Bosowa Batam di Batam, Kepulauan Riau. Dan, terbaru, pada awal Mei 2012 baru lalu, sudah dimulai pembangunan pabrik PT Semen Bosowa Banyuwangi di Banyuwangi, Jawa Timur, dengan kapasitas produksi 1,2 juta ton semen per tahun.

Dengan tiga pabrik itu, Bosowa akan menyuplai sekitar 10% dari total kebutuhan Indonesia yang jumlahnya 45 juta ton pertahun.

PT Semen Bosowa adalah perusahaan swasta nasional yang sepenuhnya dimiliki putra bangsa sendiri.

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi:

Feldani Effendy (DeNi)

Deniscomm, Motorsports Public Relations Consultant

HP: +62816 1305658

Email: feldani@deniscomm.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s