Subhan Aksa Melejit ke 3 Besar PWRC

Posted: June 24, 2012 in Rally, Reli Selandia Baru
Tags: , ,

Subhan Aksa & Jeff Judd Mengibarkan Sang Merah Putih di Reli Selendia Baru

Auckland/Selandia Baru – Pereli Indonesia kembali menorehkan prestasi gemilang di kancah reli dunia. Untuk kedua kalinya dalam tiga penampilannya di FIA 2012 Production World  Rally Championship (PWRC),  Subhan Aksa naik podium juara sebagai runner up. Kali ini di Brother Rally New Zealand yang berakhir Minggu (24/6). Ini kali kedua Subhan ke panggung PWRC setelah posisi sama di Rally Acropolis lalu.

Kalau di ajang utama WRC, Sebastian Loeb (Citroen) menang mudah maka tidak demikian halnya buat Marcos Ligato (Subaru) yang memenangi kelas PWRC.  Pereli senior Argentina itu harus menghadapi gempuran pasangan Subhan/Jeff Judd (Selandia Baru) yang menggenjot Mitsubishi Evo X, khususnya sepanjag Sabtu (23/6) saat Subhan memenangi 6 dari 7 SS (special stage) yang digelar. Ia pun akui ancaman Subhan dan  merasa beruntung menjalani hari ketiga dengan kondisi lebih mudah karena Subhan punya strategi lain.

Hella Bridge SS13

Beda dengan aksi kemarin, Subhan/Jeff  memilih amankan posisi kedua dalam sisa 7 SS terakhir. Ia tak ngotot memenangi satu SS pun kali ini, namun konsisten finis di kisaran 3 Besar.  Dan, seperti sebelumnya, juara nasional Indonesia ini disambut meriah dan selalu disemangati para penonton lokal.

“Terlalu beresiko memaksakan diri mengejar Ligato dalam 7 SS dengan selisih waktu lebih dari 6 menit. Posisi runner up pun sungguh  di luar dugaan dan membuat saya bersyukur,” papar Subhan  yang mengakhiri lomba dengan ketertinggalan waktu 5 menit 38,5 detik dari Ligato.

Buat Ligato, ini kemenangan pertamanya setelah bolak-balik terjun di PWRC sejak 2001. Dengan kata lain, ia jauh lebih berpegalaman dari Subhan yang baru musim ini bertarung intensif di ajang terdekat ke WRC ini.

Ditanya sejumah wartawan saat  jumpa pers, Subhan  menyebut niatnya untuk fokus di PWRC sebelum melangkah ke ajang WRC. Namun, jika ada kesempatan ke WRC ia sudah siap dan akan manfaatkan kesempatan itu karena semua pereli seperti dirinya bercita-cita terjun ke WRC sebagai arena reli tertinggi dunia.

Menyangkut kerusakan rem mobil pada hari pertama yang menghabiskan banyak waktu dan membuatnya tertinggal dari Ligato, Subhan menanggapinya dengan santai, “Itulah seninya olahraga ini. Kita tak pernah tahu apa yang akan berlangsung  dan kapan sebuah kesalahan  terjadi. Dan, sebuah kesalahan kecil pun bisa berakibat fatal.”

Manajer  Bosowa Rally Team Hade Mboi pun mengaku surprise dan bersyukur atas torehan hasil di Selandia Baru.  Sukses ini tak lain berkat  skill dan kedewasaan Subhan di balik kemudi yang makin baik, keandalan mobil yang  luar biasa, dan tentunya peran Jeff yang tak cuma hafal lintasan tapi juga semakin padu dengan Subhan.

Menyongsong putaran reli berikutnya, ADAC Rallye Deutschland di Jerman, 24-26 Agustus, Hade dan timnya belum memutuskan apakah akan tetap bersama Jeff atau tidak. Dua kesempatan dengan Jeff akan dievaluasi.

“Namun, kita sudah punya alternatif. Bisa saya yang kembali jadi navigator, bisa juga kita pakai salah satu navigator Eropa yang sudah berpengalaman. Belum diputuskan, tapi apa yang akan dilakukan tentunya bertujuan untuk meningkatkan performa dan kedewasaan Subhan dalam level kompetisi seketat PWRC ini,” katanya.

HASIL LOMBA NEW ZEALAND (Putaran 5 PWRC) 

1. Marcos Ligato (Subaru), 2. Subhan Aksa (Mitsubishi), 3. Ricardo Trivino (Mitsubishi), 4. Valeriy Gorban (Mitsubishi), 5.  Gianluca Linari (Subaru), 6. Louis Cook (Ford).

KLASEMEN SEMENTARA PWRC

1.      Benito Guerra (Meksiko/poin 62)

2.      Valeriy Gorban (Ukraina/52)

3.      Subhan Aksa (Indonesia/42)

4.      Michal Kosciuzsko (Polandia/40)

5.      Marcos Ligato (Argentina/37)

6.      Nicholas Fuch (Peru/36)

7.      Louise Cook (Inggris/34 )

8.      Gianluca Linari (Italia/32)

9.      Ricardo Trivino (Meksiko/30)

10.    Lorenzo Berteli (Italia/14)

Day 1

SS1 (11,18KM)   –  8:42,7 (4)

SS2 (29,67KM)   – 23:57,8 (5)

SS3 (31.82KM)   – 20:44,8 (3)

SS4 (32,13KM)   – 19:26,1 (2)

SS5 (11,18KM)   – 8:33,7 (3)

SS6 (29,67KM)   – 23:29,6 (2)

SS7 (31,82KM)   – 23:40,6 (8)

SS8 (32,13KM)   – 20:16,6 (6)

Day 2

SS9 (17,61KM)   – 11:07,3 (3)

SS10 (23,22KM)                  – 13:42,0 (1)

SS11 (26:99KM)                  – 17:22,3 (1)

SS12 (11:38KM)                  – 7:20,1 (1)

SS13 (13,60KM)                  – 9:00,0 (1)

SS14 (23,22KM)                  – 14:01,9 (1)

SS15 (26,99KM)                  – 17:32,3 (1)

Day 3

SS16 (7,30KM)   – 5:00,4 (4)

SS17 (17,94KM)                  – 11:37,1 (2)

SS18 (2,05KM)   – 1:55,1 (2)

SS19 (2,05KM)   – 1:53,9 (2)

SS20 (17,94KM)                  – 11:47,8 (3)

SS21 (6,75KM)   – 4:32,0 (4)

SS22 (7,30KM)   – 4:57,6 (3)

TOTAL WAKTU:  4 Jam 41 Menit 11,7 Detik

– selesai –

Sekilas PWRC

Dulu kelas ini dikenal sebagai Grup N. PWRC dirilis FIA (Federation Internationale de l’Autombile/Federasi Otomotif Internasional) pada 2002 dengan sedikit perubahan regulasi. Mobil yang digunakan adalah produksi massal dengan modifikasi tertentu yang dibolehkan, misalnya penggunaan turbo dan sistem penggerak 4 roda (4 wheel drive).

PWRC merupakan salah satu kelas pendukung WRC, dilombakan bersamaan dengan event WRC dan menggunakan lintasan yang sama. Kompetisi ini dikelola dan di bawah sanksi FIA. Karenanya peserta yang berhak memburu gelar juara dunia adalah mereka yang terdaftar sebagai permanent entry FIA dengan keharusan mengikuti sejumlah seri yang ditetapkan, seperti musim 2012 ini di mana peserta wajib mengikuti minimal 6 dari 8 seri yang terjadwal.

Tahun ini terdaftar 12 peserta tetap PWRC. Dua seri terdahulu, Rally Monaco dan Mexico, hanya diikuti 3 dan 5 pereli PWRC terdaftar. Karena itu enam seri tersisa bakal menyuguhkan persaingan yang amat terbuka.

Seperti halnya GP2 di ajang balap F1, PWRC adalah gerbang terdekat ke WRC sebagai level tertinggi kejuaraan reli dunia. Nasser Al-Attiyah, contohnya, telah memperkuat tim pabrik Citroen di WRC.

Kelas pendukung lainnya adalah  SWRC (Super 2000 World Rally Championship) dan WRC Academy yang bertarung dalam satu merek (Ford Fiesta).

 

SEKILAS BOSOWA

Bosowa Group dirintis dan didirikan oleh tokoh dan pengusaha nasional HM Aksa Mahmud di Makssar, Sulawesi Selatan, 22 Februari 1973, dengan nama CV Moneter. Dengan prinsip dan kerja keras khas masyarakat Bugis, perusahaan yang tadinya bergerak di sektor perdagangan otomotif ini terus membesar dan berkembang secara nasional. Bosowa Group kini merambah dan eksis di berbagai sektor industri dan jasa.

Di sektor otomotif, Bosowa Group tak hanya eksis dengan hak pemasaran berbagai merek mobil di kawasan timur Indonesia. Perusahaan ini juga menunjukkan kepedulian yang besar terhadap olahraga bermotor Indonesia, khususnya reli mobil. Selain rutin menggelar kejuaraan sebagai ajang pembinaan atlet muda, Bosowa pun mendukung sepenuhnya kiprah pereli nasional Subhan Aksa di kejuaraan dunia FIA 2012 Production World Rally Championship (PWRC) sebagai ajang penghubung juara nasional 2009 dan 2010 itu ke WRC yang merupakan level tertinggi reli dunia.

Semen menjadi primadona grup perusahaan ini dengan produk dan merek terkenalnya, Semen Bosowa. Diawali dengan pendirian pabrik PT Semen Bosowa di Maros, Sulsel, pada 1999 dan kemudian berkembang cepat dan menguasai pasar Indonesia Timur.

Sukses di timur, Bosowa masuk pasar Indonesia Barat dengan mendirikan PT Semen Bosowa Batam di Batam, Kepulauan Riau. Dan, terbaru, pada awal Mei 2012 baru lalu, sudah dimulai pembangunan pabrik PT Semen Bosowa Banyuwangi di Banyuwangi, Jawa Timur, dengan kapasitas produksi 1,2 juta ton semen per tahun.

Dengan tiga pabrik itu, Bosowa akan menyuplai sekitar 10% dari total kebutuhan Indonesia yang jumlahnya 45 juta ton pertahun.

PT Semen Bosowa adalah perusahaan swasta nasional yang sepenuhnya dimiliki putra bangsa sendiri.

 

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi:

Feldani Effendy (DeNi)

Deniscomm, Motorsports Public Relations Consultant

HP: +62816 1305658

Email: feldani@deniscomm.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s