Quotes Subhan Aksa: Menjaga Mobil Agar Tetap Segar

Posted: May 28, 2012 in Rally, Reli Acropolis
Tags: , , , , , , , ,

Loutraki/Yunani – Keberhasilan pereli Indonesia Subhan Aksa menorehkan prestasi manis di Rally Yunani dengan menggondol podium ke-2 tidak terlepas dari beberapa aspek teknis maupun non-teknis. Strategi yang matang sekaligus kelihaian mengendalikan ritme mobil Mitsubishi Evo X serta mampu membaca situasi lintasan yang sangat kasar dan licin merupakan kunci keberhasilan Ubang menyodok di papan atas kelas Production World Rally Championship (PWRC).

Terlihat dari beberapa komentar Subhan Aksa selama mengikuti Rally Yunani semenjak hari pertama (Kamis 24/5) hingga hari keempat (Minggu 27/5) menjaga mobil agar tetap segar menjadi strategi yang diterapkan tim Bosowa Rally Team.

Komentar-komentar itu disampaikan Ubang melalui tim publikasi panitia penyelenggara Acropolis Rally yang disiapkan dan mewawancarai peserta tertentu (biasanya sampai 10 Besar) di pos start atau finis Special Stage (SS) maupun di service park. Petikan-petikan wawancara ini kemudian disebar panitia dalam bentuk newsflash kepada peserta maupun penonton di seputar SS dan dimuat juga dalam situs wrc.com.

Ubang tentu saja tak mengesampingkan peran Jeff Judd, navigator senior yang  menyertainya, serta Dave McShane (Racetorque Australia) yang menyiapkan mobil. Mereka adalah mitra yang tak terpisahkan dari sukses itu. “Jeff lakukan tugasnya dengan luar biasa, begitu pun tim yang membuat mobil ini hebat dan mudah dikendarai,” ujar Ubang.

Berikut petikan komentar Subhan Aksa:

Hari I: Kamis (24/5) SS1 Posisi Ke-3:

Setting mobil sangat bagus. Kita berusaha untuk melampaui dengan selamat 1 SS pada malam hari ini. Besok menjadi hari yang panjang.

Hari II: Jumat (25/05) SS2-SS5 Posisi Ke-3  – Paruh pertama (pagi)

Hasil yang tidak jelek di pagi hari paruh pertama. Awal-awal kami hanya tampil secara moderat dan tidak terlalu agresif lalu kami mencoba mendapat kembali feeling mobilnya kembali. Di paruh kedua sore hari kami akan mencoba untuk “push” lagi.

Hari II: Jumat (25/05)  SS6-SS9 Posisi Ke-2– Paruh kedua (sore)

Hari yang sangat melelahkan dan panjang. Kami mencoba untuk mengejar Nicolas Fuchs (yang saat itu berada di posisi pertama dan Ubang di posisi kedua). Kami akan menjaga ritme mobil yang sama Sabtu besok. Dari sisi teknis mobil, kami akan melakukan penyesuaian kembali pada suspensi dengan menambahkan ketinggian mobil.

Hari III: Sabtu (26/05) SS10 – SS13 Posisi Ke-3  – Paruh pertama (pagi)

Lintasan pada setiap SS-nya sangat sulit. Kita sempat keluar jalur pada dua tikungan pagi ini. Lintasannya kasar sekali. Kami akan berusaha menjaga mobil tetap segar.

Hari III: Sabtu (26/05)  SS13 – SS17 Posisi Ke-3  – Paruh kedua (sore)

Penampilan kami sangat bagus sore ini walaupun lintasannya sangat sulit. Sangat menarik karena ditambah hujan dengan lintasan yang sangat licin. Kami berusaha menjaga mobil tetap prima pada saat itu. Besok kami akan menjaga ritme yang sama dan berusaha mengambil kembali posisi kami.

Hari IV: Minggu (27/05) SS18 – SS22 Posisi Ke-2

Alhamdulillah kami dapat hasil yang bagus dengan finis ke-2. Secara keseluruhan kunci Rally Yunani kali ini terletak pada menghindarai masalah. Saya sangat senang dengan hasil tersebut. Kami memiliki mobil yang bagus, tanpa kendala sama sekali. Kami mendapatkan poin yang sangat berarti dan Insya Allah di seri-seri berikutnya kita mendapat poin yang lebih lagi.

Komentar dari Manajer BOSOWA RALLY TEAM, Hade Mboi:

Hasil yang luar biasa. Terima kasih untuk segenap anggota tim Bosowa Rally Team. Selanjutnya kami akan tetap tenang karena perjalanan masih panjang dan masih menyisakan 4 seri lagi. Masih banyak hal yang perlu kita perbaiki, tapi setidaknya dengan hasil ini kami yakin kita sudah berada di jalur yang tepat. Kita masih harus bekerja keras bahkan lebih keras lagi untuk mempertahankan prestasi ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s