Subhan Aksa: Podium di Reli Acropolis

Posted: May 27, 2012 in Rally, Reli Acropolis
Tags: , , , , , , ,

Podium Reli YUNANI

Loutraki/Yunani – Pereli Indonesia Subhan Aksa kembali menorehkan prestasi manis di kancah reli dunia. Bertarung di serial FIA Production World Rally Championship (PWRC) 2012, pereli Bosowa Rally Team itu sukses menaiki podium Acropolis Rally 2012 yang berakhir Minggu (27/5) malam WIB.

Ia finis sebagai runner up PWRC  yang pada akhirnya dimenangi Valeriy Gorban (Ukraina). Gorban menjadi juara setelah Nicholas Fuchs (Peru) terhenti di SS20 Agil Theodori 1 akibat kerusakan mobil.

Sebastien Loeb (Citroen WRT) yang akhirnya menjuarai Acropolis Rally ini, juga  sempat terhenti di dekat lokasi Fuchs mendapat musibah. Hanya saja, juara dunia WRC 8 kali itu dapat terus melajukan mobilnya meski tak lagi dalam kecepatan ideal.

Sebelumnya, tercatat 19 pereli yang berhenti di tengah jalan dan gagal menuju finis, termasuk pereli utama Ford Petter Solberg dan pereli top Qatar Nasser Al Hattahiyah yang bergabung dengan Citroen.

“Itu sebabnya kami memilih jalan aman di beberapa SS, terutama SS18 dan 19, karena treknya sudah hancur dan licin. Kami sudah memperkirakan beratnya medan dan resiko yang ada jika memaksakan diri maupun mobil,” tutur Subhan yang pada hari kedua sudah bercokol di peringkat dua overall dan kemudian dilampaui Gorban sehari sesudahnya.

Dengan keluarnya Fuchs di SS 20, Gorban dan Subhan lebih santai melalui dua SS terakhir. Ricardo Trivino (Meksiko) menemani mereka di podium kejuaraan Acropolis Rally yang terkenal sangar itu.

“Benar-benar berat. Alhamdulillah akhirnya kita dapatkan hasil ini, lebih dari ekspetasi sebelumnya,” tambah Subhan yang berangkat ke Yunani dengan target 5 Besar.

“Hasil yang mencengangkan. Saya menikmati kesempatan pertama bersama Bosowa Rally Team,” tambah Jeff Judd, navigator Selandia Baru yang mendampingi Subhan.

Sebagai perbandingan saja, Subhan bercokol di peringkat 15 klasifikasi kejuaraan umum yang dijuarai Sebastien Loeb. Artinya, 15 Besar dalam sebuah seri WRC selevel Acropolis adalah lompatan prestasi yang sangat luar biasa bagi pereli Indonesia dan tentunya mengundang perhatian komunitas reli internasional. Total waktunya tertinggal 44 menit 11,8 detik dari pemegang 8 gelar juara dunia itu. Di PWRC, ia hanya tertinggal 3 menit 17,5 detik dari Gorban dan unggul 7 menit 04,3 detik atas Trivino.

MANTAB!!

Ini kali kedua Subhan beraksi di ajang PWRC setelah yang pertama di Rally Argentina bulan lalu dengan hasil 7 Besar. Dengan tambahan 18 poin dari Acropolis, pemuda 25 tahun ini kini mengoleksi 24 angka dan bertengger di peringkat 5 klasemen sementara serial PWRC di bawah Benito Guerra (Meksiko/poin 62), Michal Kosciuszko (Polandia/40),  Gorban (40), dan Fuchs (36).

Musim ini Subhan mengikuti 6 seri kejuaraan wajib PWRC dari 8 event yang digelar berbarengan dengan WRC. Seri ketiga yang siap disongsong adalah Brother Rally New Zealand, 22-24 Juni nanti. Judd mengaku tak sabar lagi menunggu event yang berlangsung di negaranya itu. Apalagi, ia terbilang sangat hafal karakter dan seluk-beluk di ajang yang membesarkannya itu. “Mudah-mudahan kami mendapat hasil lebih baik lagi di sana,” katanya.

–        Selesai-

SEKILAS BOSOWA

Bosowa Group dirintis dan didirikan oleh tokoh dan pengusaha nasional HM Aksa Mahmud di Makssar, Sulawesi Selatan, 22 Februari 1973, dengan nama CV Moneter. Dengan prinsip dan kerja keras khas masyarakat Bugis, perusahaan yang tadinya bergerak di sektor perdagangan otomotif ini terus membesar dan berkembang secara nasional. Bosowa Group kini merambah dan eksis di berbagai sektor industri dan jasa.

Di sektor otomotif, Bosowa Group tak hanya eksis dengan hak pemasaran berbagai merek mobil di kawasan timur Indonesia. Perusahaan ini juga menunjukkan kepedulian yang besar terhadap olahraga bermotor Indonesia, khususnya reli mobil. Selain rutin menggelar kejuaraan sebagai ajang pembinaan atlet muda, Bosowa pun mendukung sepenuhnya kiprah pereli nasional Subhan Aksa di kejuaraan dunia FIA 2012 Production World Rally Championship (PWRC) sebagai ajang penghubung juara nasional 2009 dan 2010 itu ke WRC yang merupakan level tertinggi reli dunia.

Semen menjadi primadona grup perusahaan ini dengan produk dan merek terkenalnya, Semen Bosowa. Diawali dengan pendirian pabrik PT Semen Bosowa di Maros, Sulsel, pada 1999 dan kemudian berkembang cepat dan menguasai pasar Indonesia Timur.

Sukses di timur, Bosowa masuk pasar Indonesia Barat dengan mendirikan PT Semen Bosowa Batam di Batam, Kepulauan Riau. Dan, terbaru, pada awal Mei 2012 baru lalu, sudah dimulai pembangunan pabrik PT Semen Bosowa Banyuwangi di Banyuwangi, Jawa Timur, dengan kapasitas produksi 1,2 juta ton semen per tahun.

Dengan tiga pabrik itu, Bosowa akan menyuplai sekitar 10% dari total kebutuhan Indonesia yang jumlahnya 45 juta ton pertahun.

PT Semen Bosowa adalah perusahaan swasta nasional yang sepenuhnya dimiliki putra bangsa sendiri.

 

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi:

Feldani Effendy (DeNi)

Deniscomm, Motorsports Public Relations Consultant

HP: +62816 1305658

Email: feldani@deniscomm.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s