Subhan Aksa: Ekstra Keras di Hari Ketiga Acropolis Rally

Posted: May 26, 2012 in Rally, Reli Acropolis
Tags: , , , , , , ,

Lintasan menantang

Loutraki/Yunani – Juara dunia bertahan Sebastian Loeb (Prancis/Citroen WRT) mengatakan gelar juara WRC Acropoilis Rally 2012  bisa jadi akan ditentukan pada Sabtu (26/5) ini, bukan pada hari terakhir Minggu (27/7).  Pemimpin sementara Acropolis Rally ini berdalih rute-rute yang dilalui pada Sabtu merupakan jalur terganas di reli ini.

Hal sama berlaku buat para petarung di kelompok FIA Production World Rally Championship (PWRC)  di mana Subhan Aksa turut berkompetisi. Itu sebabnya, kaki-kaki Mitsubishi Evo X-nya dipermak ulang agar mampu melewati medan tanah keras dan berbatu-batu yang mewarnai SS 10 sampai SS17.

“Di etape ini, kejelian memilih jalur sangat vital. Selain licin, di berbagai area terdapat bongkahan batu yang sangat mudah merusak mobil. Kami harus ekstra waspada. Namun, waspada bukan berarti harus jalan pelan,” terang Jeff Judd, navigator berpengalaman asal Selandia Baru yang mendampingi Subhan.

Subhan sepakat dengan kopilotnya. Posisi runner-up sementara PWRC yang diraih seusai SS9, menurutnya lebih penting untuk dipertahankan ketimbang ngotot menguber peringkat pertama. “Kami belajar dari pengalaman sehari sebelumnya, di mana banyak mobil peserta  terhenti.”

Itu sebabnya catatan waktunya kurang baik di SS 10 Klenia Mycenae. Ia finis di lintasan sepanjang 17,41 km ini di urutan kelima dengan catatan waktu 13 menit 40,8 detik. Ia defisit waktu 44 detik dari Valeriy Gorban (Ukraina) yang memenangi SS ini.

Pada SS 11 Gymno 1 (17,61 km), Subhan finis satu peringkat diatas dari SS sebelumnya yaitu di urutan keempat. Gorban yang berusaha menyodok posisi Subhan sebagai runner-up di klasemen sementara, kembali memimpin dan kali ini dengan keunggulan waktu 1 menit 10 detik atas Subhan.

“Sangat panas dan kondisi treknya parah banget. Ini sudah semacam petualangan, bukan reli mobil lagi,” kata Subhan.

Resiko dari hasil di kedua SS itu, Gorban yang tadinya di peringkat 4 overall naik ke posisi tiga dengan jarak waktu tinggal 2,1 detik. Padahal, sehari sebelumnya Subhan unggul 1 menit 56,1 detik.

Akhirnya, usai SS 12 di Kafalari 1 (18,4 km), Subhan harus merelakan posisi runner up-nya tergusur oleh Gorban. Gorban finis urutan 2 di SS ini sementara Subhan di urutan 5.  Posisi berbalik, ia kini tertinggal 30,7 detik dari Gorban.

Masih dengan semangat dan kehati-hatian yang tinggi, memasuki SS 13 yang merupakan SS terakhir pada putaran pertama sebelum seluruh tim kembali ke service area untuk mengulangi kembali 4 SS yang sama pada putaran kedua sore hari waktu setempat, Subhan melewati garis finis urutan keempat atau lebih baik dari SS sebelumnya dengan catatan waktu 14 menit 54,3 detik. Sementara Gorban semakin memantapkan posisinya di posisi kedua klasemen sementara dengan finis pertama di SS ini yang hanya membutuhkan waktu selama 14 menit 39,8 detik dan melebarkan waktu dengan Ubang yang diurutan ketiga menjadi 45,2 detik.

Sebagai catatan pada akhir SS13, Subhan Aksa bercokol di posisi ke-19 dari total 53 pembalap yang mengikuti Rally Acropolis ini dengan total waktu 3 Jam 33 Menit 3,6 Detik dan hanya terpaut sekitar 26 menit dengan pimpinan lomba sang juara dunia Sebastian Loeb yang memuncaki klasemen sementara WRC.

Berangkat ke Yunani dengan target 5 Besar, pereli Bosowa Rally Team itu mengaku tak kecewa meski sementara ini tergeser oleh Gorban. “Perjalanan masih panjang dengan tantangan sama kerasnya. Kami ambil resiko itu, dan itu lebih baik daripada ngotot dan terhenti di lintasan,” kata Subhan.

Saat berita ini diturunkan, seluruh tim kembali ke service park untuk regroup sekaligus melakukan persiapan-persiapan teknis sebelum memulai kembali 4 SS yang sama (SS14-SS17)  tepat pukul 15:17 waktu setempat.

Posisi Subhan di peringkat 3 kini semakin melebar dan terpaut 3 menit 3,5 detik dengan Ricardo Trivino (Meksiko) yang menempati peringkat 4.

 

– Selesai-

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi:

Feldani Effendy (DeNi)

Deniscomm, Motorsports Public Relations Consultant

HP: +62816 1305658

Email: feldani@deniscomm.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s