AERO SUTAN ASWAR Melahap 50 Putaran Dalam Sesi Latihan

Posted: August 4, 2011 in Jet Ski
Tags: , , , , , , , ,

Practice session

Belle River, Ontario, Kanada – Aero Sutan Aswar (16) dari Tim BNI Jet Ski Indonesia berhasil menyelesaikan 50 putaran dalam sesi latihan hari Kamis, 14 Juli 2011 menjelang kejuaraan jet ski Canadian Watercross Nationals di Belle River, Ontario, Kanada pada tanggal 16-17 Juli 2011. Pencatatan waktu tidak dilakukan karena fokus tim saat latihan mengitari lintasan sepanjang 3,7 km hanyalah untuk melihat semua sistem mekanis dan elektronis berjalan dengan sempurna.

Keunikan terjadi pada saat sesi latihan karena masing-masing pebalap mencari sendiri pantai-pantai yang akan dibuat latihan. Sudah menjadi hal yang lumrah dalam dunia jet ski hal tersebut dilakukan agar masing-masing pebalap tidak dapat melihat jet ski balap (craft) para pesaingnya sekaligus untuk menjaga kerahasiaan performa masing-masing tim.

Setiba di salah satu lokasi tepi danau dekat dengan kota Belle River, hal menarik terjadi yaitu akses menuju bibir pantai untuk menurunkan jet ski tidak dapat ditembus dengan truk trailer pengangkut yang sudah disiapkan. Tim memutuskan untuk mendorong langsung dari tepi jalan trailer yang mengangkut jet ski balap Aero. Demi mendapatkan lokasi yang benar-benar strategis dan tanpa diketahui oleh pesaing lainnya maka fasilitas ramp (tempat menurunkan jet ski) yang memadai tidak menjadi prioritas utama.

Settingan balapan dan diskusi menjadi menu utama tahap awal latihan sebelum turun ke air. Aero dan 1 mekanik dari Amerika (Bill Chapin) dan 1 mekanik dari Indonesia (Eko Purwanto) bahu membahu untuk menggambarkan strategi dalam menghadapi lomba akhir minggu ini. Bongkar pasang mesin dan penggantian beberapa suku cadang racing merupakan tahapan awal persiapan latihan dan setelah seluruh tim yakin terhadap penampilan jet ski balap Aero, maka jet ski siap diluncurkan ke dalam air.

Practice attack!

Dua putaran awal dipakai untuk melihat semua sistem mekanik dan elektronik berjalan dengan sempurna sekaligus melihat beberapa suku cadang prototipe disain dari R&D Performance terpasang dan berfungsi secara sempurna. Selebihnya Aero dengan percaya diri melesat cepat menembus ombak dan membawanya hingga ke puncak catatan kecepatan 163 km/h.

Sesi latihan diakhiri dengan berhasil melahap 50 putaran tanpa ada kendala yang berarti. Semua berjalan dengan semestinya walaupun ada sedikit masalah settingan balance yang cenderung berbelok ke kanan pada lintasan lurus. Hal tersebut diatasi dengan memberikan sedikit sentuhan dari sang maestro (Bill Chapin) berupa penggantian suku cadang yang berfungsi memberikan balance yaitu sirip tambahan dibelakang mesin.

“Kami senang dengan hasil latihan hari ini. Tim tidak menemukan kendala strategis melainkan hanya masalah pada keseimbangan laju jet ski yang sedikit cenderung ke kanan pada lintasan lurus tapi kami sudah mengatasi hal tersebut dengan mengganti parts yang berhubungan langsung dengan balance,” komentar manajer Tim BNI Jet Ski Indonesia, Fully Sutan Aswar.

Latihan ditutup dengan sesi evaluasi yang dilakukan oleh seluruh anggota tim dan mencatat semua hal-hal yang masih bisa ditingkatkan mengingat balapan tinggal satu hari lagi.

Indonesia for World Champion!

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi:

Feldani Effendy (DeNi)

Motorsport Public Relations Consultant

HP: +62816 1305658

Email: feldani@deniscomm.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s