Maksimum Juara Dunia 2 Kali Berturut-Turut

Posted: January 28, 2011 in Formula 1
Tags: , , , , , , , ,
The World Champs!

The World Champs!

Formula 1 kembali membuat perubahan pada sistem regulasinya untuk seri tahun 2011. Belum juga musim 2011 bergulir tiba-tiba berita mengagetkan kembali mengeruak dari sang regulator. Regulasi untuk tahun 2013 ternyata sudah dipersiapkan untuk dihidangkan dimusim tersebut. Dimana masing-masing regulasi tersebut tampaknya memiliki perbedaan yang cukup siknifikan. Tunggu dulu, bukan berarti tim sudah bisa menarik nafas tenang untuk musim 2012 tidak akan ada perubahan regulasi-regulasi yang akan membuat pusing seluruh anggota sirkus Formula 1.

Coba kita perhatikan dari yang paling dekat yaitu perubahan regulasi untuk musim depan. Secara garis besar yang akan berubah cuman dua hal besar yaitu penerapan kembali Kinetic Energy Recovery System (KERS) yang akan memberikan tenaga tambahan pada saat oevrtaking atau bisa juga digunakan pada saat melakukan start balapan. Area lainnya yang akan mendapatkan sentuhan perubahan adalah moveable rear wings. Saat menguntit pembalap didepannya maka kesempatan pembalap dibelakang menekan tombol untuk mengaktifkan sistem wing belakang yang akan menurunkan hambatan angin (drag-reduction) sehingga kesempatan overtaking semakin besar dimana pada akhirnya memberikan tontonan Formula 1 yang lebih menarik.

Ya, kata-kata sederhana yang mengatakan untuk memberikan kesempatan overtaking lebih besar kepada pembalap Formula 1 tampaknya selalu dijadikan alasan kenapa diharuskan untuk melakukan perubahan regulasi disana-sini. Banyak overtaking memang sangat mengasyikan bagi seluruh spectator baik yang melihat secara langsung maupun tidak langsung. Tapi pertanyaannya adalah apakah dengan melakukan perubahan regulasi yang kerap terjadi setiap tahun bisa memberikan dampak yang diinginkan seperti diatas? Dan membuat tontonan menjadi tidak “Boring“?

Kestabilan adalah formula mujarab bagi perhelatan olah raga otomotif tertinggi ini. Sangat simpel kenapa pihak sponsor rela mengucurkan dana triliunan rupiah hanya demi bisa ikutan sirkus Formula 1 ini? Jawabannya adalah stability. Formula 1 dari awal diselenggarakan hingga sekarang yang sudah masuk umur lebih dari setengah abad sangat menaruh perhatian dari sisi stabilitas tersebut. Contohnya, Formula 1 adalah salah satu cabang olah raga otomotif yang musim kompetisinya selalu bergulir tiap tahunnya, jumlah tim yang selalu stabil ikut serta balapan, seri balapan yang selalu stabil jumlah penyelenggaraannya dan masih banyak lagi hal-hal yang sudah dibangun hingga Formula 1 memasuki era modern dimilenium ini.

The Contenders

Bagaimana dengan perubahan regulasi untuk tahun 2013 yang sudah digadang-gadang ini. Perubahan yang sangat besar adalah kembalinya mesin bertenaga turbo empat silinder, bentuk wing depan dan belakang yang lebih kecil seperti “nampan teh atau tea tray“, penghematan bensin sebesar 35%, kecepatan berkurang lebih dari 5 detik, dan masih banyak hal lainnya lagi.

Dengan semua hal tersebut secara singkat dijelaskan, maka apakah itu membuat Formula 1 masih memiliki formula mujarabnya yaitu stabilitas? Tentunya dari dalam tim itu sendiri suasana kalang kabut akan terlihat dalam divisi R&D, management, hingga sang pembalapnya yang akan kesulitan untuk beradaptasi dari satu musim ke musim berikutnya. Sehingga tidak terbayangkan kalau setiap musim kita akan melihat banyak tim-tim yang balapannya hanya berupa trial dan error. Kalau bernasib baik bisa menyodok kedepan sehingga dewi fortuna akan mengambil alih peranan penting dalam balapan Formula 1.

Akan bermuara seperti apa nantinya balapan Formula 1? Kemungkinan titel Juara Dunia tampaknya akan selalu berganti-ganti setiap tahunnya. Dan hal tersebut sudah terjadi semenjak tahun 2007 hingga tahun 2010 sang Juara Dunia selalu berganti-ganti. Paling hanya ditahun 2005 dan 2006 Juara Dunia direbut oleh pembalap yang sama yaitu Fernando Alonso. Sehingga akan menyulitkan bagi pembalap-pembalap lainnya untuk melampaui prestasi lima kali berturut-turut Juara Dunia atau bahkan tujuh kali Juara Dunia.

Satu catatan saja, apakah semua regulasi yang selama ini dirubah dan diimplementasikan benar-benar mengakibatkan aksi overtaking terjadi?

Comments
  1. math games says:

    post not working in firefox

    • deniscomm says:

      so sorry to what happen to you but with me its ok in firefox…..maybe there is something you need to upgrade in your firefox…..i hope you can fix the problem and start enjoying my blog….cheers, DeNi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s