Menantang Kembali Rally Dakar 2011

Posted: November 25, 2010 in Uncategorized
Tags:

kiri-kanan: Kasih Hanggoro dan Iriatna Yudha Satria

 

Kasih Hanggoro (Ketua BPH (Badan Pelaksana Harian) Universitas Budi Luhur dan Budi Luhur Racing Team) untuk kedua kalinya menjadi sensasi balap rally Indonesia dengan mengumumkan kembali keikutsertaannya di ajang balap rally dunia paling ganas yaitu Rally Dakar yang dahulu dikenal rally Paris Dakar.

Rally Dakar 2011 akan berlangsung selama 16 hari dari tanggal 1 hingga 16 January 2011 melintasi dua negara Argentina dan Chili menempuh total jarak sepanjang kurang lebih 9.000 kilometer.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, pembalap Aang panggilan Kasih Hanggoro, akan terjun di Rally Dakar 2011 kali ini dengan tim barunya yaitu Epsilon yang merupakan salah satu tim elit dari Spanyol di rally tersebut. Tim ini merupakan salah satu tim yang pernah terlibat dengan pembalap sekaliber Carlos Sainz bahkan beberapa waktu yang lalu navigatornya, Lucas Cruz sempat memberikan pelatihan kepada Aang pada saat testing mobil yang akan dipakainya, Mitsubishi Montero V60.

Tekad Aang sudah bulat untuk menantang kembali keganasan medan Rally Dakar dengan persiapan lebih matang dari pemilihan tim hingga latihan-latihan yang dijalaninya bahkan pemilihan navigator sudah ditetapkan seorang kepala mekanik Harley Davidson Indonesia, Iriatna Yudha Satria. Penyesuaian karakter antara pembalap dan navigator telah dilakukan bersama pada saat latihan Try Out mobil dan latihan menggunakan GPS di negara Spanyol bulan Oktober yang lalu dibantu oleh Lucas Cruz.

Dibandingkan mobil tahun lalu yang merupakan single seater (pembalap tanpa navigator) dan open wheeler yang merupakan kelas baru, kali ini dengan tim Epsilon, Aang akan mengendarai Mitsubishi Montero V60 dengan kapasitas mesin sebesar 3.200 CC diesel dengan spesifikasi yang sudah masuk standar kelas T-2.

“Target saya tidak muluk-muluk, berusaha sekeras mungkin untuk lebih baik dibandingkan hasil tahun lalu,” komentar Aang perihal targetnya mengikuti Rally Dakar 2011. Tahun lalu Aang berhasil hingga mencapai etape ke-3 diurutan 121 dari total peserta kurang lebih 200 pembalap.

Hal lain disamping target balapan yang diusung, Aang berkeinginan dengan keikutertaannya di ajang bergengsi ini bisa memberikan kontribusi bagi para pembalap-pembalap muda yang ingin mengikuti perhelatan Rally Dakar dikemudian hari. Beliau memiliki rencana untuk mengembangkan Sekolah Dakar (School of Dakar) yang fokus membantu membina dimasa yang akan datang pembalap yang berkeinginan mengikuti Rally Dakar.

“Saya melihat manajemen tim adalah elemen yang paling krusial dalam mempersiapkan seorang pembalap yang mau mengikuti Rally Dakar disamping hal-hal penting lainnya seperti skill balapan, jiwa petualangan, hingga masalah dananya itu sendiri,” tambah Aang.

Perkembangan olah raga di Indonesia tampaknya sudah ada sedikit pergeseran dari sisi cabang olah raga yang berprestasi. Atlit Indonesia sudah mulai bermunculan dengan prestasi internasional yang datang dari cabang olah raga bermesin. Rio Haryanto berhasil masuk lima besar pada tahun pertamanya diajang balapan GP3 dan sempat mencoba mobil F1 dalam sesi testing di Abu Dhabi sebagai ganjaran atas prestasinya. Aero Sutan Aswar atlit internasional Jet Ski yang pada tahun ini mentargetkan menjadi juara dunia dalam ajang World Cup 2010 di Thailand bulan Desember dimana posisi dia ditahun sebelumnya berhasil menduduki peringkat tiga dunia. Dan masih ada yang lainnya seperti Rifat Sungkar, Alexandra Asmasoebrata, dan lain-lain.

Indonesia sudah menjadi anggota G20, maka wajar dalam tiap even dunia kita harus berpartisipasi walau sekecil apapun.

Indonesia for The World!

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi:

Feldani Effendy (DeNi)
Motorsport Public Relations Consultant
HP: 0816 1305658
Email: feldani@deniscomm.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s