5 Seri Fly Away dengan 5 Calon Juara Dunia

Posted: October 5, 2010 in Uncategorized
Tags: ,

Pada saat saya menulis artikel ini gelaran seri pertama dari 5 seri tersisa yaitu di Singapura akan berlangsung 5 hari lagi. 5 seri terakhir tersebut akan berlangsung di dataran benua Asia dan Amerika berarti tim akan menjalani hiruk pikuk masalah perpindahan logistik raksasanya. Saya melihat ini layaknya sang pendaki gunung yang akan melakukan summit attack dari basecamp terakhir alias semua 5 pembalap siap dengan pertempuran yang sangat sengit.
5 pembalap bersaing dalam 5 seri fly away terakhir sangat jarang terjadi walaupun nantinya pasti akan mengerucut. Tapi kelima pembalap yaitu Webber, Hamilton, Alonso, Button dan Vettel sangat memungkinkan sekali bisa bersaing bahkan hingga keseri pemungkas di Abu Dhabi.
Melihat kemampuan dari masing-masing pembalap tentu kita tidak meragukan lagi kepiawaiannya melahap tikungan-tikungan di sirkuit menantang nanti. Tapi bagaimana sisi performa masing-masing mobil dari 3 tim papan atas tersebut yaitu Redbull, McLaren dan Ferrari. Melihat catatan lomba sepanjang 14 seri terdahulu ternyata RedBull masih memimpin perolehan kemenangan dengan 6 kali kemenangan di ikuti McLaren 5 kali dan Ferrari hanya 3 kali kemenangan. Sebagai referensi Ferrari sangat digdaya sekali dengan performa di Monza dan akan menjadi batu sandungan bagi kedua tim RedBull dan McLaren yang dari awal sudah digadang-gadang menjadi calon juara dunia 2010.
Dalam 5 seri terakhir saya yakin tidak akan ada satu pembalap yang akan memenangi lebih dari satu seri alias kelima pembalap tersebut masing-masing akan memenangi 1 seri dengan pembagian di Singapura oleh Hamilton, Jepang oleh Vettel, Korea oleh Button, Brazil oleh Alonso dan Abu Dhabi oleh Webber. Tapi itu semua memang tidak pasti sehingga kuncinya adalah konsistensi. Bagaimana sang pembalap benar-benar bisa mempertahankan konsistensinya melahap 5 seri terakhir. Bahkan pembalap dengan hanya finish di tiga besar sekalipun di semua sisa balapan maka pembalap tersebutlah yang akan memiliki kesempatan besar menjadi Juara Dunia.
Cukup dengan segala bentuk prediksi-prediksi yang tidak memiliki nilai kepastiannya seperti diatas alias balapan Formula 1 memang memiliki formula-nya sendiri untuk menentukan siapa yang berhak menjadi kampium setiap tahunnya. Terlepas dari itu semua maka kejuaraan dunia Formula 1 lah yang sebenarnya sudah harus memasuki era baru ditahun-tahun mendatang dan tanpa menaruh rasa hormat terhadap salah satu olah raga tertua dibumi ini maka F1 sudah seharusnya mulai berbenah diri dari segi pendekatannya kepada para fansnya. Karena para fans setia yang menghidupi F1 hingga sejauh ini.
F1 sudah harus memikirkan suatu format baru untuk mempromosikan dirinya lebih baik dimasa yang akan datang. Mungkin salah satunya adalah dengan meng-explore lebih terhadap kedekatan pembalap dengan para fans-nya. Selama ini para pembalap F1 bagaikan alien dari planet luar yang sangat sensitif untuk didekati baik secara personal maupun secara luas. Mahal! Tentunya. Untuk bisa dekat dengan pembalap tentunya sang fans harus merogoh kocek puluhan juta rupiah untuk bisa masuk dalam paddock area dimana para pembalap biasa berseliweran. Sejauh ini memang tidak ada masalah. Tapi bagaimana dengan kesempatan fans diluar paddock area?
Masing-masing tim dengan pembalapnya memang sudah melakukan hal-hal untuk mendekatkan para fans-nya apalagi ada keterlibatan para sponsor. Mulia dari facebook, twitter, aktifitas promosi sponsor-sponsor dan lain-lain. Tapi hal-hal tersebut masih memiliki kelemahan disana-sini dan sifatnya separatis. Bagaimana dengan adanya suatu formula baru dari pihak penyelenggara untuk memelihara para fans tersebut. Khususnya Bernie sudah sepatutnya dia memikirkan terobosan baru untuk mempertahankan jumlah penonton bahkan menambahnya karena trennya selama ini para penikmat F1 makin tahun makin berkurang rata-rata 20% pada setiap serinya.
Mungkin sudah banyak ide terlontarkan untuk mengatasi hal tersebut. Salah satunya adalah membawa pembalap F1 lebih dekat dengan para fans-nya. Seperti sesi tanda tangan yang diberikan kepada seluruh pengunjung dalam slot waktu tertentu atau bahkan dibuatkan setiap hari Kamis di setiap raceweekend aktifitas dengan nama Driver Day.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s