ConnectedDrive

Posted: April 20, 2010 in Uncategorized
Tags: , , , , , , , ,

Peta persaingan industri otomotif di dunia telah memasuki era yang semakin kompetitif, sehingga masing-masing pabrikan otomotif dunia berusaha tampil semaksimal mungkin demi memenangkan persaingan tersebut. Dan disini harus digaris bawahi bahwa unsur inovasi menjadi hal yang paling krusial.

Sementara itu, BMW memusatkan pengembangan dan struktur pekerjaan secara konsisten demi kebutuhan akan unsur inovatif tersebut. Proses pembuatan mobil harus berorientasi pada area yang diberi nama inovasi strategis, sektor dimana perusahaan mendapatkan jaminan menjadi terdepan di bidang teknologi.

Kadangkala tidak semua ide baru merupakan inovasi bagi BMW. Dipahami pihak BMW bahwa penemuan yang bersifat inovatif haruslah berorientasi pada produk atau komponen yang memberikan keuntungan tambahan siknifikan kepada konsumen. Pusat Riset dan Inovasi (FIZ Centre) merupakan area yang bertanggung jawab akan hal tersebut diatas. Saat sekarang 90 persen produk-produk inovatif BMW memfokuskan pada pengaplikasian tenaga listrik (Electric dan Electronic) sebagai main driving force-nya.

Salah satu hal yang paling menarik dalam BMW Grup adalah masalah proses pembuatan sebuah mobil. Proses dalam menciptakan suatu mobil yang berawal dari hanya sebuah ide saja. Dalam hal ini ada tiga pertanyaan yang selalu menjadi acuan yaitu: a) Apakah yang diinginkan para konsumen dari sebuah mobil? b) Berapa lama waktu yang diperlukan dalam mengembangkan sebuah mobil? c) Berapa cepat sebuah mobil dibuat dan didistribusikan kepada konsumen?

Tiga pertanyaan mendasar tersebut selalu ditanyakan pihak FIZ Centre BMW pada saat memulai produksi sebuah mobil. Sementara itu, divisi Product Evolution Process atau disingkat menjadi PEP berperan penting dalam meningkatkan performa proses pembuatan sebuah mobil. Konsep terbaru PEP berbeda dari konsep lawasnya: Pada konsep terbaru ini setiap individu yang terlibat dalam pembuatan mobil tersebut bekerja secara berkesinambungan dan bersamaan dibandingkan dengan konsep lawasnya yang bersifat one step after the other.

Saat sekarang BMW Group sedang melakukan pengembangan suatu indera ketujuh pada kendaraan mobil yaitu ConnectedDrive merupakan konsep yang dipersiapkan untuk sebuah mobil yang lebih cerdas dan bersifat individu bagi si pengendaranya. Sistem terbaru ini dibuat berdasarkan interaksi antara mobil, pengemudi dengan lingkungan sekitarnya, dimana pada proses tersebut menciptakan kemampuan dan keahlian baru dari sebuah mobil.

Sebagai contoh sistem yang menggunakan konsep ConnectedDrive adalah proses stop-and-go yang mempermudah pengendara untuk melakukan akselerasi maupun deselarasi. Sistem ini mampu mengaplikasikan sistem pengeremenan yang konstan pada saat macet. Contoh lainnya adalah Active Accelerator Pedal (ACP) yang mampu membantu pengendara lebih aman melintasi jalanan yang masih belum dikenal khususnya malam hari. Dengan ACP tersebut pedal gas akan menginformasikan kepada pengendara untuk memperlahan kendaraannya dengan cara memberikan tekanan balik yang lebih besar kepada kaki pengendara pada saat kendaraan tersebut berada dalam kondisi berbahaya.

Contoh tersebut diatas jelas menunjukkan bahwa ConnectedDrive bukanlah hanya suatu sistem yang baru, tapi lebih pada konsep yang menyakinkan pengendara akan keselamatan dan kenyamanan berkendaraan. Dengan keunggulan tersebut dapat dikatakan bahwa ConnectedDrive diibaratkan seperti navigator imajiner atau virtual co-driver yang membantu pengendara mendapatkan informasi tepat pada waktu yang tepat pula.

“Dengan ConnectedDrive, kami berusaha membuat pengendara keluar dari keadaan terisolasi didalam mobilnya, memberikan dia akses untuk mendapatkan informasi penting yang sangat dia butuhkan,” kata Dr Burkhard Goschel, BMW Group Board Member for Development and Purchasing . “ConnectedDrive memperhatikan semua sistem dan fitur dalam satu kesatuan yang terintegrasi untuk mencapai tujuannya,” tambahnya.

BMW telah menerapkan layanan berbasis internet untuk pertama kalinya pada seri 7-nya yang terbaru atau yang lebih dikenal dengan BMW Online. Sistem yang terintegrasi dengan on-board electronic-nya memberikan layanan kepada customer untuk dapat mengakses informasi-informasi yang tersedia seperti layanan direktori, berita-berita terkini atau informasi harga saham serta mengakses data file-nya langsung dari komputer pribadinya.

Dalam BMW Online juga terdapat beberapa layanan yang meliputi: e-mail, address book, berita-berita terbaru dalam dunia politik, olah raga, budaya dan bisnis, harga saham, informasi cuaca dan yang paling canggih adalah tayangan 3 dimensi suatu lokasi dilihat dari penglihatan mata burung.

Dalam proyek pengembangan ConnectedDrive ini, BMW Group telah mengembangkannya menjadi beberapa proyek seperti: proyek Extended Floating Car Data (XFCD) yang menyediakan data lalu lintas lebih akurat, proyek Adaptive Light Control (ALC), intelligent light for extra safety, proyek yang telah menjadi standar di Amerika: BMW Brake Force Display diterapkan pada seri 7-nya yang terbaru dan model lainnya seperti Seri 1, Seri 3, Seri 5 dan Seri 6. Konsep yang baru pertama kali diaplikasikan pada dunia otomotif memberikan peringatan kepada pengemudi dibelakangnya bahwa pengemudi BMW tersebut sedang melakukan pengereman mendadak. Pada saat terjadi deselarasi 5 meter /detik atau system ABS-nya sedang bekerja, maka area sekitar lampu rem akan membesar memberikan peringatan kepada pengemudi dibelakangnya.

Proyek ConnectedDrive pixel headlight: Light graphics pointing the way. Teknologi terkemuka pada lampu mobil yang berbasis pada Digital Micromirror Device (DMD) dapat menetralisir lampu beam dari kendaraan yang datang berlawanan arah. Masih banyak beberapa proyek dibawah konsep ConnectedDrive seperti proyek electronic rear-view mirror, meningkatkan keselamatan pengendara pada saat overtaking maupun turning.

Konsep ConnectedDrive akan membuat berkendara lebih nyaman dan aman di masa yang akan datang. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan fitur x-by-wire yang akan menggantikan sistem mekanis dan hidrolik yang sudah lawas. Aplikasi dari fitur ini diantaranya adalah brake-by-wire, steer-by-wire atau shift-by-wire.

Dalam konsep terbaru yang disebut teknologi Bluetooth dapat memberikan data koneksi tanpa menggunakan kabel. Teknologi tersebut memiliki keunggulan antara lain murah, dapat diaplikasikan secara global dan bisa beroperasi pada transmisi tinggi dengan penggunaan energi yang rendah. Dengan pengenalan teknologi Bluetooth tersebut, BMW akan merubah konsep berkendaranya menjadi berlandaskan mobile information.

Dengan segala kecanggihan tersebut diatas ternyata konsep ConnectedDrive memiliki prinsip dasar yang masih terfokus pada manusia-nya itu sendiri sebagai pusat kendali. Unsur manusia-nya masih bertanggung jawab terhadap kondisi mobil itu sendiri. Tapi untuk beberapa kondisi seperti mengendarai pada saat lintasan basah (licin) maka piranti yang bertanggung jawab untuk memperlahan kendaraan tersebut dikendalikan sendiri oleh si kendaraan tersebut.

Dengan konsep ConnectedDrive tersebut menimbulkan sebuah perspektif baru yang berorientasi pada kebutuhan si pengendara akan informasi yang dibutuhkan serta karakter berkendaraannya.

ConnectedLiving

Bersamaan dengan teknologi inovatif ConnectedDrive tersebut, BMW Group telah mengembangkan konsep tempat tinggal yang inovatif pada Home of the Present pada German Garden Show yang berlangsung di Munich dari tanggal 28 April – 9 Oktober 2005.

Menghubungkan sebuah rumah dengan kendaraan sekarang bukan sesuatu yang fiktif lagi. Konsep Home of the Present (rumah masa kini) yang menggunakan basis BMW ConnectedDrive hadir memukau para pengunjung pameran tersebut. Sebuah konsep rumah yang menyentuh area interior dan eksterior yaitu Arsitektur dan Disain, Kesinambungan dan Home & Living yang pada akhirnya fokus pada kehidupan yang lebih nyaman. Hubungan pintar antara pengemudi, mobil dan lingkungan sekitarnya bukan hanya meningkatkan keselamatan di jalan raya tapi lebih daripada itu yaitu suatu kehidupan yang lebih mudah dalam banyak hal.

Dalam suatu skenario kehidupan sekarang; apabila anda lupa menutup kerai rumah untuk menghindari rumah menjadi panas dan anda dalam perjalanan menuju kantor, maka hal tersebut sudah telat. Di masa depan hal tersebut masih bisa dilakukan dengan mengecek keadaan rumah apakah kerai masih terbuka atau sudah tertutup dan dapat melakukan perintah untuk menutup atau membukanya serta masih banyak lagi fungsi-fungsi yang dapat dilakukan dari luar rumah seperti menghidupkan dan mematikan lampu.

Dengan menghubungkan mobil dengan Home of the Present, BMW sekali lagi berhasil mengembangkan suatu teknologi inovasi yang mampu menghubungkan antara pengemudi, mobil dan lingkungan disekitarnya dibawah bendera BMW ConnectedDrive. Basis yang digunakan pada teknologi tersebut adalah dengan menggunakan BMW Online Portal. Teknologi tersebut menggunakan fasilitas GSM untuk memberikan akses kepada mobile BMW internet portal tersebut. http://www.bmw-connecteddrive.com.

peace of mind

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s